milavida

it's all about what's happening to me. then and now. past to present. any thoughts i have in mind. any words i want to speak out. plainly anything at all... if you wish, just read 'em out loud. hi3...

Wednesday, July 19, 2006

belajar jadi manager artis

wuih... si fara bikin ulah lagi! emang dasarnya bosenan, jadi asik2 nyari kerjaan laeeennn... aja. padahal kerjaan kantor aja masih ada.

setelah gw capek latian bernyanyi (hi3...), sekarang malah pengen masuk ke dunia laen. sebenernya udah lama sih gw punya niatan ini, cuma belom kesampean. tapi tiba2 pas lagi ceting ma iwan, koq ya ndilalah kita jadi pengen kerjasama. jadi ceritanya si iwan (oya lupa, dia bekas anak mccann jg) kan cabut dari kantornya buat mewujudkan obsesi lainnya; which is music. dan dia skrg ini lg sibuk produce album solo buat temennya. trus, koq ya gw bisa2nya kepengenan buat ngurusin alias manager-in temennya itu.

langkah 1: gw ktemuan ma iwan di pim hari senen kmrn. walaaahhh... macetnya tak terkira di barito & radio dalem itu. akhirnya nyampe juga. jadi sambil menyantap nasi goreng sambel terasi di es teler 77, iwan ceritain plan dia buat si artis ini. basically gw tertarik karena menantang banget. bayangin aja, gw harus bisa ngurus dan manager-in penyanyi solo cowok! itu kan jauh lebih susah daripada masarin penyanyi cewek. gw sih pengen banget bisa liat si cowok itu nyanyi dulu dan ktemuan ma dia jadi gw bisa tau gw hrs gimana. iwan sih minta gw bikin kontrak ma dia & si artis. tapi, we'll see.. gw konsultasi dulu ma temen2 gw yg udah pada jadi manager artis

langkah 2: minta contoh kontrak ma jio. tapi ternyata kontrak yg dia kirim buat antara artis & pihak ketiga (penyelenggara). akhirnya berkeputusan buat ketemu hestu. dia kan pernah pegang memes, 5 minutes, tere juga. ktemuan lah semalem di tempatnya joe. ya Allah... mas joe apa kabar????? cowok yg lumayan kece dan pinter itu akhirnya juga ngasih gw masukan dari pengalaman dia dimanagerin ama irsa (dari JAM). dia bilang biasanya road manager nggak akan bisa lepas dari producer & label. karena nanti akan menyangkut sama jadwal promo dan image seperti apa yg harus dilakoni si artis. udah gitu manager juga harus tau sejauh mana dia akan menangani si artis. karena kadang manager selain harus ngurus jadwal dan kontrak, dia juga bisa aja sebagai pengurus keuangan si artis. misalnya si artis udah ga mau lagi ngurusin duit, asal dia minta harus ada aja. tapi yg pasti manager juga harus bisa bikin target si artis ini akan jadi apa untuk jangka pendek dan jangka panjangnya. manager juga hrs keliatan credible di mata klien, harus sangat mobile. trus katanya kalo di Indonesia itu seorang manager artis biasanya independensinya kurang banget, karena emang kulturnya begitu. sementara kalo di luar negeri itu sebuah management bisa menentukan semua hal untuk si artis.

terus abis itu ngobrol ma hestu. dia bilang gw harus tau banget karakternya si artis. dan sebaiknya kalo mo mulai jadi manager itu emang lebih baik personal manager daripada management. tapi lagi, kalo pake management dan punya kantor biasanya lebih credible aja. dan ga malu kalo miting ama klien. gw harus bisa strict ama si artis. dan gw harus melebarkan networking gw lagi. dan gw ga boleh berpikir bahwa gw selamanya akan megang artis itu aja. gw harus bisa berpikir ke depan bahwa mungkin gw akan pegang lebih dari 1 artis, bisa jadi management atau pindah artis. artisnya sendiri bisa juga berubah, ga cuma penyanyi, mungkin aja gw akan pegang presenter atau DJ atau apalah. gw harus bisa bikin artis itu komit ama kerjaan dan kontrak yg udah gw tentuin.
yg pasti gw harus bisa cari image yg paling tepat buat si artis. apa atribut2 yg harus gw pasangin di si artis. gw harus bisa dan mau keluar modal buat bikin merchandise macam poster, stiker, atau gimmick2 yg bisa gw sebarin kalo lagi promo. dan yg pasti gw harus bisa ngelebarin pasarnya si artis. dan jangan lupa, positioning si artis ini gimana.
gw juga harus bisa masarin artis gw dan bikin program buat si artis. bahkan bisa aja gw "nitip" masarin artis gw sama management laen kalo misalnya artis laen lagi promo, gw bisa minta featuring di situ.

wah seru banget yah?! sekarang tinggal nunggu bahan2 dari hestu dari contoh kontrak, raider, job order, dsb dsb...

tinggal besok2 ngobrol ma temen2 musisi gw aja buat ngebuka network musik gw yg udah rada terputus. doain yah... amin...

11 Comments:

Blogger Unknown said...

wah enak juga ya jadi manager kalau aku gak bisa me manageri orang karena aku ini tamatan smp so now aku lage belajar lewat internet dan kursus

6:37 PM  
Blogger Unknown said...

dah dapet belum contoh kontrak, raider, job order,dll. kalo udah dapet boleh minta ga...???
soalnya aq jg lagi nyoba jadi manajer group band baru...
kalo boleh minta tolong dikirimin dong ke email aq...
adysuhadi@yahoo.com
thx yah sebelumnnya

2:22 PM  
Blogger catro68 said...

kalo ada yg punya contoh kontrak artis gaaa.. mau donk berbagi. hu. di catro68@gmail.com,, akan sangat bersukur.. he.

1:21 AM  
Blogger catro68 said...

kalo ada yg punya contoh kontrak artis gaaa.. mau donk berbagi. hu. di catro68@gmail.com,, akan sangat bersukur.. he.

1:22 AM  
Blogger Unknown said...

mau dunk sis untuk contoh raider, job order dll yg di dibuthin manger.
sama2 baru nyemplung nih..jadi maish belajar juga.
emailin ke aku yah please yuli_damayanti@ymail.com

makaish sebelumnya

4:44 PM  
Blogger GLOBAL AVIEL SIGAR MANDIRI said...

Bro boleh dunk kita2 di bagi contoh kontraknya. Baik antara mger dg band, or band dg pihak ketiga. dave_willy77@yahoo.com.

1:04 AM  
Blogger Dheede Sulaeman said...

ini dia yang saya cari. saya sedang belajar dan ingin menjadi manjer artis. mohon kiranya dapat membatu saya atau saya bisa ikut trining. saya juga bersedia menjadi asisten tanpa bayaran. asalkan saya dapat ilmu dan pengalaman sebagi manajer artis. mohon kiranya daat di bantu ya....
susahsie@yahoo.co.id

1:08 AM  
Blogger Unknown said...

permisi...punya cth kontrak manajemen artis dan surat permohonan kerjasama gag???

12:21 PM  
Blogger Unknown said...

permisi... punya cth kontrak dan surat2/dokumen2 kerjasama manajemen artis gag??

12:22 PM  
Blogger Shin Hyu Ki said...

dah dapet contoh kontrak, raider, job order,dll. kalo udah dapet boleh share ke saya ga...?
soalnya saya jg lagi nyoba jadi manajer penyanyi solo baru...

kalau ada waktu..mohon dikirim ke email saya: astridaherning@yahoo.com
atau fax di 021 88980731.

Thanks before

11:02 AM  
Blogger tata said...

Sama seperti mereka, mungkin kalau berkenan, boleh minta bantuan buat ngebimbing saya belajar jadi manager artis solo yg baik ga? Stmario25@gmail.com

1:18 PM  

Post a Comment

<< Home