milavida

it's all about what's happening to me. then and now. past to present. any thoughts i have in mind. any words i want to speak out. plainly anything at all... if you wish, just read 'em out loud. hi3...

Sunday, October 16, 2005

yg bisa gw petik dari ramadhan... so far

nggak terasa udah ngelewatin 10 hari pertama di ramadhan. terakhir gw ke supermarket sih masih rada lowong waktu jumat kemaren. tapi barusan kata windy, matahari citos udah penuh aja dong. apalagi minggu depan yah waktu orang2 terima THR?! wuih, males banget tuh ke supermarket.

seneng juga ngeliat "rutinitas" taunan selama ramadhan dan menjelang lebaran. mulai belanja sampe pulang kampung.

kadang kalo gw belanja blenji, gw suka ngerasa salah. mungkin kah gw being in-sensitive sama org2 yg ga berpunya? salahkah gw? pertanyaan yg selalu hadir tiap taun. bahkan tiap kali gw ngerasa kalo gw udah belanja terlalu banyak.

tapi kemaren gw dengerin ceramah puasa di radio mustang yg ngomongin soal free will alias kehendak bebas. katanya ustad itu (yg gw lupa namanya), setiap manusia itu dikasih fitrah berupa free will. kita bebas melakukan kehendak apapun yg kita mau. karenanya sangat aneh kalo kita ngerasa terkekang. kalo kita mulai buat aturan2 sendiri. dan sangat aneh kalo kita mulai merasa terkekang dengan orang lain. kita-lah yg berhak menentukan jalan hidup kita sendiri. tapi emang sebaiknya free will itu ga merugikan orang lain. jadi intinya, kita juga harus bisa mengontrol free will kita itu sendiri. apakah kita mau berbuat baik atau buruk. karena sesungguhnya Allah itu ga butuh amal baik ataupun buruk kita. esensinya free will adalah bagaimana kita bisa menentukan jalan hidup kita sebaik2nya supaya bisa berguna buat diri sendiri dan orang lain. jie jie...

jadi mungkin yg bisa gw ambil dari tulisan dan omongan pak ustad itu utk diri gw sendiri adalah... loe sendiri fay yg milih untuk sedih, marah, gembira, sukses, kalah, sendirian, takut, berani, dsb.. bukan orang laen!!! dan selalu inget deh, semua yg di dunia itu sifatnya sementara banget. jadi sedih itu sebentar, marah itu sebentar, seneng juga sebentar. jadi nikmati aja selagi bisa. tapi jangan lama2. takutnya takabur, riya', atau malah stress/depresi gitu. sayang banget. karena katanya dunia itu lumayan indah lho... orang yg (maaf) kekurangan kayak cacat aja masih bisa dan mau hidup; betapa pun sulitnya hidup buat dia. apalagi loe fara... :p

jadi, next time si fara ini dikecewain lagi ama kehidupan, sabar aja deh... ga bakalan lama koq. lagian kan seneng juga kmrn bisa turun berat badan banyak bgt gitu gara2 patah hati. he5...
mungkin gitu juga kalo gw blanja. mungkin gw ga usah terlalu ngerasa salah. karena sebenernya kan itu rejeki juga yg dikasih sama Allah buat gw, dan juga reward dari jerih payah gw bekerja selama ini.

trus2, gw juga dengerin ceramah lagi di radio laen. yg intinya adalah kapan sih sesungguhnya sholat itu? sebenernya ini pernah gw denger, tapi gw baru inget lagi. dulu gw dengernya dari temen gw dan sempet gw baca2 juga. intinya adalah hati2 terhadap sholat, karena justru kita bisa terjerumus karena sholat itu. lho? bingung kan?
jadi gini, katanya selama ini banyak orang yg baru sekedar melakukan "gerakan sholat" dan bukan sholat itu sendiri. pada dasarnya sholat itu ibadah untuk mengingat Allah. jadi apapun yg kita lakukan asalkan itu dengan niat mengingat Allah, itu esensinya udah sholat. jadi "sholat" yg sebenernya justru ketika kita tidak melakukan "gerakan sholat". tapi ini bukan berarti gw ngajak supaya ga sholat. tapi lebih kepada esensinya aja yg kadang kita lupain. karena kalo kita sekedar melakukan gerakan sholat, kita malah dosa karena mempermainkan inti dari sholat yaitu mengingat Allah. sementara kita kan sering banget sholat, tapi pikirannya kemana2. he3... *jadi suka inget diri sendiri*

terus apa lagi yah... kalo tadi sih gw liat di TV ustad jefry mengomentari tentang perubahan nurul arifin. tapi bukan soal nurul yg mo gw tulis. tapi kata2 ustad jefry yg bilang, bahwa orang istiqomah itu akan selalu tersenyum dan sabar, dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. pengen juga ah istiqomah...

F

0 Comments:

Post a Comment

<< Home